Memulai Wirausaha dengan Modal Kecil

Anda pasti bisa merasakan bahwa biaya hidup makin hari makin tinggi. Segala sesuatu menjadi serba mahal. Biaya pendidikan kian melambung. Harga barang kebutuhan pokok sehari-hari pun tak jauh berbeda. Biaya kesehatan, transportasi, dan berbagai jenis kebutuhan hidup dari waktu ke waktu selalu mengalami peningkatan. Ironisnya, lapangan pekerjaan tidak lagi bisa terlalu diharapkan. Karena makin lama terasa sempit. Jumlah kesempatan kerja dibandingkan dengan besarnya angka pencari kerja jelas sangat tidak berimbang. Wajar jika angka pengangguran makin bertambah. Bahkan jumlah sarjana yang menganggur pun terus mengalami kenaikan.


Dalam kondisi seperti ini Anda dituntut untuk jeli dalam melihat peluang serta potensi apa yang bisa menghasilkan nilai ekonomi. Artinya, Anda tidak bisa hanya mengandalkan pada pekerjaan yang sedang Anda geluti sekarang. Kecuali gaji Anda sudah berlebih, mungkin Anda bisa bernafas lega dan tidak perlu pusing mencari penghasilan tambahan. Tapi bagi Anda yang gajinya pas-pasan, atau bahkan kurang dari cukup, maka berwirausaha untuk mencari alternatif penghasilan tambahan pasti sangatlah diperlukan. Setidaknya, inilah langkah awal yang sangat diperlukan seseorang agar bisa bertahan hidup di tengah krisis.


Untuk memulai wirausaha bukanlah perkara yang mudah. Pastilah Anda akan berpikir ulang, kira-kira wirausaha apa yang bisa dilakukan. Lalu butuh modal berapa banyak dan teknis pelaksanaannya seperti apa.


Jika Anda memiliki modal yang terbatas, sering kali berasumsi bahwa wirausaha tidaklah mungkin bisa Anda jalankan. Paradigma bahwa wirausaha selalu mebutuhkan modal besar seharusnya sudah saatnya untuk dihapuskan dari benak Anda.


Wirausaha dengan modal kecil sejatinya bisa Anda lakukan. Pertama Anda memang harus survei dulu, kira-kira jenis usaha apa yang berpeluang bisa dijalankan di daerah Anda. Sebab besarnya modal sebenarnya tergantung pada jenis usaha yang Anda jalankan. Ada beberapa ide yang patut Anda pikirkan mulai sekarang. Mulai dari usaha servis elektronik, jualan pulsa elektrik, les privat, laundry rumahan, rental komputer, katering, jualan kue, dan seterusnya. Kepekaan Anda dalam hal ini memang sangat dibutuhkan agar benar-benar jeli melihat peluang usaha apa yang cocok dijalankan di daerah Anda.


Beberapa tips yang layak untuk dipertimbangkan bagi Anda yang berminat menjalankan wirausaha dengan modal kecil, antara lain sebagai berikut:


1. Disiplin dalam menabung setiap keuntungan kecil yang didapatkan agar bisa digunakan untuk mengembangkan modal


2. Membuat proposal usaha yang sedang Anda jalankan dengan sedetil dan semenarik mungkin untuk ditawarkan kepada pihak lain yang mau berinvestasi. Anda tidak bisa selalu berharap mendapatkan pinjaman modal dari bank sehingga Anda perlu meluaskan kemitraan dengan pihak selain bank


3. Anda harus memiliki kemauan dan kerja keras serta ditunjang oleh kreatifitas. Inilah sebenarnya yang menjadi modal utama Anda untuk memulai berwirausaha


Semoga tips memulai wirausaha modal kecil kali ini bermanfaat bagi pembaca. Selamat berwirausaha :) .

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama