Definisi Komputer

info tekno - Computer datang dari kata Computare yang berarti hitung. Lewat cara bahasa pc diuraikan jadi alat yang melaksanakan proses hitungan aritmatika.


Untuk beberapa umumnya, Computer diartikan jadi seperangkat alat elektronik yang mengubungkan elemen satu dengan lainnya maka dari itu membuahkan info yang awal mulanya sudah diproses lebih dahulu. 


Computer terdiri dalam 3 komponen yaitu : Hardware (feature keras) seperti Processor, Harddisk, RAM, CPU, Motherboard. Software (fitur lunak) seperti aplikasi- program juga Skema Operasi yang akan kerja sesuai sama perintah yang diberi oleh Brainware (pemakai).


Pemahaman Pc Menurut Banyak Pakar

Computer yaitu alat elektronik yang kerja dengan cara skemaatis serta jeli untuk memproses beberapa ragam data. Seperti data angka, nada serta gambar. (KBBI)

Pc yaitu satu alat elektronik yang bisa melaksanakan beberapa pekerjaan, ialah terima input, mengolah input sesuai sama perintah yang dikasihkan, menaruh perintah-perintah serta hasil pemrosesannya, dan siapkan output berbentuk info. (Robert H Blissmer)

Computer merupakan mesin penghitung elektronik yang cepat serta bisa terima info input digital, lantas mengerjakannya sesuai program yang tersimpan di memorinya, serta membuahkan output berwujud info. (V.C Hamacher)

Rangkuman


Penjelasan Pc yaitu perlengkapan elektronik yang terima input data, memproses data serta memberikannya hasil keluaran berbentuk kabar, baik itu berwujud gambar, text, suara maupun video.

Daftar Isi Artikel buka



Guna Computer

Dalam dasarnya computer punya 4 kegunaan fundamen, salah satunya

Data Processing (Pemrosesan Data)

Data Storage (Penyimpanan Data)

Data Movement (Perpindahan Data)

Control (Pengontrolan)


1. Data Processing 

Pc diperlukan buat pemrosesan data hingga bisa membuahkan output berwujud satu Kabar. Data yang diproses biasanya data berwujud dokumen, text, nada, kata, objek, video, gambar serta diagram.



2. Data Storage

Computer memiliki fungsi untuk perlindungan serta penggunaan kembali lagi data. pc bisa kerjakan kegunaan penyimpanan serta ambil data. Contohnya saat memakai Ms. Word kita bisa mengerjakan penyimpanan (save) data itu ke hardisk serta juga bisa ambil kembali lagi data itu (open).



3. Data Movement 

Computer dapat lakukan pindahan data dari 1 kemputer ke computer lain atau alat- alat output lain.


4. Control

…….


Bagian Pc

Computer terdiri dalam sekelompok elemen yang digolongkan jadi tiga jenis unit. Adalah unit penghasilan (Input), unit pemrosesan (Process), serta unit pengeluaran (Output).


1. Elemen INPUT

Bagian input yaitu bagian hardware yang berperan untuk pintu masuk pekerjaan- pekerjaan yang akan dikasihkan pada computer. Perumpamaannya yaitu:


Keyboard. Keyboard sebagai bagian yang memiliki fungsi berikan saran berwujud data alfanumerik serta interpretasi ASCII yang lain. Pada keyboard ada huruf A-Z, angka 0 sampai 9, serta perintah-perintah yang lain.

Mouse.  penghubung  di antara monitor monitor dengan pemakai atau pemakai. Dalam pengoperasiannya, mouse kelihatan untuk pointer di monitor monitor.

Trekpad. Manfaatnya sama seperti mouse, cuma berlainan pada memiliki bentuk saja.

Pen. Cuman ada disaat monitor yang dipakai adalah monitor sentuh. Gunanya seperti mouse. Buat memberikan perintah cukup mengutamakan ujung pen pada monitor.

Microphone.Elemen yang berikan input berbentuk suara

Scanner. Buat memindai gambar yang akan dimasukkan dalam skema computer berubah menjadi file digital,


2. Elemen Proses

Elemen proses merupakan bagian yang gunanya mengolah perintah yang dikasihkan oleh pemakai untuk kemudia diunjukkan pada bagian output.


Processor. Bagian penting buat pemrosesan data

Motherboard. Elemen sebagai tempat semua elemen terjalin. Seperti huubungan di antara elemen INPUT, PROSES, serta OUTPUT. 

Hard Disk. Untuk simpan semua intrpretasi yang dibutuhkan oleh pc yang pembawaannya permanen. Seperti serta metode operasi computer.

Kenangan (RAM). untuk menyimpan semua kegiatan pc buat sesaat.

 


3. Elemen Output

Merupakan bagian yang memiliki fungsi untuk alat untuk tampilkan info dari perintah yang udah diproses awalnya. 


Monitor.Elemen yang memperlihatkan proses yang sedang dilakukan oleh pc.

Printer. Untuk cetak data di dalam bentuk hard copy.

Speaker. Buat memberikannya output berbentuk audio terhadap pemakai.


Riwayat Pc

Riwayat pc terkait erat dengan penghitungan aritmatika. Jadi pada zaman dulu, manfaat pc sebagai alat tolong kalkulasi manusia.


Seorang ahli matematika yang memiliki nama Charles Babbage asal Inggris adalah orang pertama di dunia yang berani kirim surat pada banyak pakar di kerajaan Inggris untuk meningkatkan alat kalkulasi mekanik yaitu computer.


Pertimbangan itu ia tuang dengan tersurat di surat yang berjudul Catatan Perihal Pemakaian Mesin pada Perhitungan Astronomi serta Tabel Matematika. Surat itu ia kirimkan pada tangga 14 Juni 1822.


Buah pikiran Charles itu didasari oleh permasalahan seringkali beberapa orang pada saat itu mengerjakan kekeliruan kalkulasi meskipun sudah memanfaatkan tabel matematika. Hingga ia pingin meningkatkan mesin kalkulasi dengan mekanik yang mendapat ide dari perubahan mesin kalkulasi yang dilakukan oleh Wilhelm Schickard, Blaise Pascal, serta Gottfried Leibniz.


Sejak mulai Charles terus mengupayakan meningkatkan mesin computer supaya dapat di program oleh manusia, tapi tidak tuntas. Setelah itu mesin itu dilanjut oleh anaknya. Salah satunya sisi dari mesin differensial yang dibuat oleh putranya sekarang bisa disaksikan di Museum Sains London.


Tidak cuman putranya yang ikut membuat, buah pikiran itu ditingkatkan oleh pelbagai faksi hingga jadi pc hebat yang kita tahu sekarang ini.



Perubahan Computer

Kemajuan computer terdiri jadi lima barisan angkatan. Tiap-tiap barisan angkatan dipastikan oleh bagian penting pc. Tiap golongan angkatan membuahkan computer yang ukurannya semakin kecil, sederhana, harga dapat terjangkau, serta tahan banting.


Karena dibarengi dengan penemuan-penemuan elemen elektronik baru  yang membuat bentuk pc bertambah singkat.


Computer sekarang ini bisa mengerjakan gambar, suara, text, serta bentuk non-numerik data yang lain. Hal penting dari pc, adalah semua proses gambar, nada, text dan sebagainya sebagai bentuk lain dari kalkulasi numerik basic.


Dan yang diproses oleh mesin computer yakni beberapa angka saja, adalah angka 1 serta angka 0. Angka itu membuat paduan code (disebutkan code biner) yang wakili listrik aktif serta nonaktif. Untuk mengenali bagaimana perubahan computer dari waktu ke periode, silakan baca uraiannya berikut.


Pc Golongan Angkatan Pertama

Pc golongan angkatan pertama ini bertumbuh dari tahun 1940 sampai 1959. Computer group angkatan pertama yang memiliki nama ENIAC. Kepanjangannya Electronic Numerical Integrator and Computer yang ditingkatkan oleh angkatan darat Amerika Serikat buat keperluan mengalkulasi tabel shooting senjata di Laboratorium Persenjataan.


ENIAC didesain serta ditingkatkan oleh 2 orang professor asal Kampus Pennsylvania, Amerika Serikat. Ialah Prof. John Presper Eckert serta John W. Mauchly. Seterusnya mesin itu dikeluarkan pada 15 Februari 1946.


ENIAC memanfaatkan 17.468 tabung vakum, 7.200 diode Kristal, 1.500 pemancar, 70 ribu  resistor, 10.000 kapasitor, serta lebih kurang 5 juta sambungan yang disolder dengan  tangan.


Tabung vakum membuahkan panas yang berlebihan, hingga kurang efesien serta efisien. Dapat diasumsikan bagaimana panasnya ada di dekat ENIAC ya? Diluar itu  memerlukan jumlah konsumsi listrik yang begitu besar untuk pengoperasiannya.


Beratnya 27 ton serta ukurannya  2,4 m x 0,9 m x 30 m. Luas ruang yang digunakan oleh ENIAC kira-kira 167 m2 serta daya listrik yang diperlukan sebesar 160kW. Gemilang besar khan?  Banding dengan mesin pc atau serta notebook yang beredar banyak seperti sekarang.


Pasti amat jauh sekali ukurannya. Potensi ENIAC waktu itu terbatas pada pecahkan satu persoalan pada sebuah waktu serta gunakan bahasa yang cuma dapat dipahami oleh mesin pc.


Input dimasukkan lewat cara bikin lubang-lubang pada kartu (punched cards) di atas pita kertas. Hasilnya berwujud print out.



Computer Group Angkatan Ke dua

Kumpulan angkatan ke-2 bertumbuh pada jaman 1959 hingga sampai 1965. Di mana pada waktu itu nampak transistor untuk alternatif elemen tabung vakum pada pc kumpulan angkatan pertama.


Transistor yakni alat semikonduktor yang berperanan jadi penyambung serta pemutus arus listrik. Ukuran transistor semakin kecil serta panas yang dibuat semakin sedikit ketimbang tabung vakum. Hingga, transistor bisa bikin ukuran computer bertambah lebih kecil dibanding awalnya.


Bahasa pemrograman pada masa ini bertambah bertumbuh. Bahasa mesin dari kartu berlubang berubah ke bahasa lambang. Programmer bisa memberikannya petunjuk dengan kalimat bukan lagi dengan symbol beberapa titik hitam.


Beberapa bahasa pemrogramaman yang berubah waktu itu ada "Common Business- Oriented Translator" (CBOL) serta "Formula Translator" atau FORTRAN.  Pergantian ini bikin kerja pc bertambah lebih baik lagi dari angkatan awal mulanya.


 


Pc Barisan Angkatan Ke-tiga

Computer golongan angkatan ke-3 berlangsung di tahun 1965 sampai 1971. Disinyalir dengan diketemukan serta digunakannya Integrated Sirkuit (IC) untuk ubah transistor oleh insinyur listrik asal Texas yang namanya Jack Kilby. Transistor pada waktu ini diciptakan serta dibikin bertambah lebih kecil maka dari itu dapat  terpasang dengan bagian yang lain pada IC.  


Maka dari itu satu IC terdiri dalam beberapa transistor, kapasitor, serta resistor. Hasil Jack bikin pc kerja bertambah efektif serta lebih cepat lagi dari computer golongan angkatan awalnya. Diluar itu skema operasi mulai juga diketemukan serta diciptakan semasa itu. 


Hingga pc dapat mengerjakan sejumlah pekerjaan dalam saat bersamanaan. Computer semasa itu  pc pertama yang dapat terjalin dengan hardware yang lain seperti keyboard.  Contoh computer kumpulan angkatan ke-3 anatara lain IBM/30, UNIVAC 9000, UNIVAC 1108 serta GE 600.



Pc Grup Angkatan Ke-4

Pembaruan setelah itu sehabis diketemukannya IC ialah hadirnya produk Large Scale Integration atau LSI. Jadi LSI sebagai paduan atau penggabungan beribu-ribu IC pada satu kepingan yang dikatakan dengan CHIP. Tersedianya pemadatan beribu IC ke CHIP bikin ukuran pc bertambah mengecil serta makin kerap dimanfaatkan oleh warga umum. Tidak sekedar buat masalah usaha saja, tapi berubah buat bagian pendidikan, dan lain-lain.


Perubahan computer barisan angkatan ke-4 tak terlepas dari perusahaan Intel. Lantaran, perusahaan itu yang bikin CHIP pertama yang dikeluarkan pada 1971. Ini jadi babak awal perubahan mesin pokok pc yang dahulunya sebesar satu ruang jadi satu genggam tangan.


Pemakai computer pada golongan angkatan mulai berubah luas. Bukan sekedar para elit serta bisnisman saja, namun orang umum telah banyak mempunyai computer. Hangga pada akhirnya ada jaringan pc untuk group usaha yang sebelumnya punya tujuan supaya bertambah cepat pindah mengganti info antar grup usaha. Karena itu lahirlah internet. Kemajuan besar yang lain yang diketemukan pada group angkatan ini merupakan muculnya computer jinjing atau notebook yang dapat dibawa dimanapun Anda pergi. Semua tipe notebook serta computer waktu ini jadi produk pc group angkatan ke-4.


 

Pc Kumpulan Angkatan Ke-5

Computer kumpulan angkatan ke-5 sebagai computer yang mempunyai tehnologi seperti kepandaian hasil. Sekarang tengah diperiksa serta ditingkatkan tiada henti. Negara yang sangat suka mempelajari serta memikir kepintaran bikinan ialah Jepang. Bahkan juga mereka punyai laboratorium serta instansi privat untuk membuat pc grup angkatan ke-5.


Kebolehan yang dikehendaki dipunyai oleh computer kumpulan angkatan ke-5 adalah kebolehan untuk berhubungan dengan manusia dengan saran visual, memberi respon kata yang kita katakan serta dapat sesuaikan dengan keadaan yang ada disekelilingnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama